Rabu, 22 Juni 2016

Gempa Papua 22 Juni 2016

Diposting oleh cahyo krism
Gempa bumi terbaru terjadi pada rabu dini hari tanggal 22 juni 2016 dimana gempa tersebut  telah menggunjang papua termasuk kota Jayapura dan sekitarnya.

Hasil pengolahan data gempa yang dilakukan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Jayapura menyatakan gempa terjadi sekira pukul 07.17 WIT. Titik gempa ada di 2.25 LS fan 140.58 BT.

Gempa bumi terbaru di papua ini disebabkan karean adanya aktivitas pertemuan antara Lempeng Pasifik dengan Lempeng Indo-Australia. Pertemuan kedua lempeng ini menyebabkan terjadinya cukup banyak kejadian gempa di sekitar tempat batas pertemuan lempeng.


Gempa bumi di Papua tersebut tidak berpotensi menimbulkan terjadinya tsunami dan diperkirakan juga kecil kemungkinan terjadi lagi gempa bumi susulan. Walaupun terjadi gempa bumi susulan, biasanya kekuatan gempa susulan memiliki kekuatan lebih kecil dari gempa utama 4,2 SR yang baru saja terjadi.

Lokasi gempa papua pada 22 juni 2016 dini  hari tersebut berada di laut pada jarak 34 kilometer Barat Laut Kota Jayapura. Sedangkan pusat terjadi pada kedalaman 10 kilometer di bawah laut.

Gunjangan gempa yang terjadi di Papua tersebut telah membuat beberapa orang yang sedang berada di dalam rumah berhamburan keluar. Walaupun demikian dipastikan akibat gempa itu tidak ada kerusakan yang terjadi.