Senin, 20 Juni 2016

Gempa Sulawesi Utara 19 Juni 2016

Diposting oleh PUNTEN
Sebuah gempa terbaru terjadi di Minggu tepatnya pukul 12.10 WIB pada tanggal 19 Juni 2016 dengan kekuatan gempa 5,14 Skala Richter (SR). Gempa bumi ini terjadi di provinsi Sulawesi Utara tepatnya di Tenggara Bitung.

Dari hasil olah data yang dilakukan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyebutkan bahwa pusat gempa yang terjadi pada minggu siang hari tersebut ada di 1.03 Lintang Utara dan 126.14 Bujur Timur (BT) berada di 121 km tenggara Bitung.

Gempa bumi di Sulawesi Utara pada tanggal 19 Juni 2016 ini masuk dalam kategori gempa bumi tektonik yang disebabkan adanya aktivitas lempeng laut Maluku. Gempa ini dinyatakan tidak menimbulkan tsunami karena getarannya tida terlalu kuat.



Gemnpa bumi Sulawesi Utara ini juga getarannya sempat dirasakan di Manado, Bitung, Airmadidi, Tondano dan beberapa wilayah lainnya di Sulawesi.

Dalam kurun waktu beberapa jam saja dua gempa bumi mengguncang wilayah Indonesia. Setelah wilayah barat diguncang gempa Bengkulu pada pagi tadi sekira pukul 05.20 WIB dengan kekuatan 5,4 skala richter (SR).

Selanjutnya bagian  timur Indonesia juga diguncang gempa yaitu gempa Sulawesi Utara. Gempa Sulawesi Utara ini berkekuatan 5,1 SR terjadi pada pukul 12.00 waktu setempat.

BMKG mengkorfirmasi bahwa kedua gempa 19 Juni 2016 yag terjadi bersaamaa pada hari yang sama itu tidak memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya.

Dijelaskan bahwa tidak ada kaitannya gempa yang terjadi di Bengkulu dan Maluku Utara karena berbeda seismogenik (zona pembangkit tsunami). Masing-masing zona seismogenik mempunyai medan stres batuan masing-masing. Sehingga kejadian gempa dengan tempo yang berdekatan diantara kedua gempa di wilayah Indonesia Barat dan Indonesia Timur itu dianggap merupakan sebuah kebetulan