Senin, 11 Juli 2016

Gempa Bumi Bengkulu 12 Juli 2016

Diposting oleh PUNTEN
Gempa dengan kekuatan 5 SR telah mengguncang daerah Bengkulu pada dinihari tadi. Getaran gempabumi tersebut sampai terasa pada 5 wilayah berbeda.
 
Dijelaskan oleh Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono bahwa terjadinya gempa ini berpusat di laut 111 km sebelah barat daya Seluma, pada kedalaman 69 km.

Getaran gempabumi Bengkulu itu juga dirasakan di beberapa wilayah seperti di Mukomuko, Ketaun, Bengkulu, Seluma, Mana, dan Bintuhan. 

Guncangan gempa bumi dirasakan oleh banyak orang yang mengakibatkan benda-benda tergantung berayun dan kaca jendela bergetar.

Dari hasil analisis yang dilakukan oleh BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi yang terjadi di Bengkulu itu adalah gempa bumi kedalaman menengah yang diakibatkan adanya aktivitas subduksi lempeng. 

Subduksi lempeng ini merupakan kejadian menyusupnya lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Dalam hal ini hiposenter gempa bumi berada di Zona Benioff, yaitu bagian lempeng tektonik (slab) yang sudah mulai menukik di bawah permukaan lepas pantai Bengkulu.

Walaupun pusat gempa ada di laut tetapi tidak berpotensi tsunami dikarenakan kekuatan gempa tergolong lemah.

Sampai dengan pukul 04.00 WIB, belum ada laporan adanya gempa susulan. 

Oleh sebab itu kepada masyarakat di Pesisir Provinsi Bengkulu dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak bertanggungjawab karena gempa bumi ini tidak berpotensi merusak.

Kepala Bidang Tanggap Darurat BPBD Kabupaten Seluma, Bengkulu, Mulyadi mengatakan, pihaknya belum menerima laporan kerusakan bangunan rumah, sarana kesehatan, sarana ibadah, maupun sarana pendidikan di wilayah itu akibat gempa. Sekadar diketahui, gempa tektonik berkekuatan 5,3 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Seluma, Bengkulu.

Dari laporan sementara oleh para relawan dan tim reaksi cepat (TRC) hingga pagi ini belum ada dampak kerusakan

Gempabumi Bengkulu itu berlokasi di 4.82 Lintang Selatan, 102.07 Bujur Timur yang berada di 111 km barat daya Seluma dengan kedalaman 65 kilometer itu memang dirasakan cukup kencang.

Gempa bumi terjadi pada subuh saat masih banyak warga tertidur sehingga tidak begitu banyak warga keluar rumah.

Gempa yang dirasakan memang kencang. Namun, sekarang masyarakat sudah beraktivitas seperti biasanya.

Sebagaimana diketahui, gempa tektonik berkekuatan 5,3 SR yang berpusat di Kabupaten Seluma, terjadi pada Selasa (12/7/2016), sekira 03.28 WIB. Guncangan gempa tersebut terasa hingga di lima kabupaten/kota di Bengkulu, seperti Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Utara, Mukomuko, Bengkulu Selatan, dan Kabupaten Kaur.

Gempa 5,3 skala Richter (SR) yang mengguncang, Seluma, Bengkulu, juga terasa di lima kabupaten/kota lainnya. Kabupaten/kota yang terasa getaran gempa yang terjadi pada Selasa (12/7/2016) dini hari itu adalah Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Utara, Mukomuko, dan Kabupaten Kaur.

Gempa bumi Bengkulu yang terletak pada koordinat 4.82 Lintang Selatan dan 102.07 Bujur Timur itu secara umum terjadi di sepanjang wilayah Pesisir Bengkulu, dalam skala intensitas II SIG BMKG (II-III MMI-Modified Mercally Intensity).

Gempa yang berjarak sekira 111 kilometer arah barat daya Seluma dengan kedalaman hiposenter 65 kilometer itu merupakan gempa bumi kedalaman menengah. Hal itu akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Pusat gempa bumi Bengkulu ini terletak di laut karena kekuatannya relatif kecil dan terjadi di kedalaman menengah. maka Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.