Rabu, 26 Oktober 2016

Gempa 6.1 SR di Italia

Diposting oleh cahyo krism
Gempa bumi su sulan berkekuatan 6,1 SR melanda wilayah Italia tengah pada Rabu (26/10) malam waktu setempat. Akibat gempa bumi susulan tersebut menyebabkan robohnya tiang listrik dan beberapa bangunan runtuh.

Sumber dari Associated Press, diberitakan dua orang mengalami luka luka akibat gempa yang berpusat di Visso itu. Sedangkan lembaga Perlindungan Sipil melaporkan adanya korban jiwa. Berdasarkan laporan Survey Geologi Amerika Serikat (AS), gempa pertama berkekuatan 5,4 SR, disusul 6,1 SR.

Akibat guncangan yang cukup besar tersebut mengakibatkan rumah rumah banyak yang runtuh,.
 

Gempa susulan yang cukup besar tersebut menyebabkan bagian depan sebuah gereja, runtuh. Gampa ini merupakan yang terkuat yang pernah dirasakan.

Saat terjadi gempa sususlan Italia banyak orang berlarian dan berteriak ketakutan. Kondisi kota gelap akibat aliran listrik yang padam. Gempa susulan tersebut berdampak sangat besar terhadap bangunan gereja dan bangunan tua yang mengalami kerusakan.

Sebenarnya daerah tersebut yang mengalami kerusakan, merupakan kawasan terlarang. Tepatnya, setelah gempa yang meratakan tiga kota pada 24 Agustus lalu. Rinaldi menyatakan pemerintah meliburkan sejumlah sekolah di daerahnya. Sebab, hal senada juga dilakukan di beberapa kota lainnya pada Kamis (27/10).

Beberapa bangunan mengalami kerusakan. Balum ada laporan korban jiwa maupun luka-luka. Wilayah gempa kondisi gelap dan hujan menghambat proses pendataan.

Pusat vulkanologi Nasional Italia merilis, gempa pertama kali terjadi pukul 19.10 waktu setempat. Pusat gempa berada di daerah Macerata, dekat Perugia yang merupakan kawasan rawan gempa Gunung Apennine.

Survei Geologi AS mencatat, pusat gempa berada di dekat Visso, sekira 170 km timur laut Roma dengan kedalaman sekira 10 km. Gempa susulan terjadi sekitar dua jam kemudian, tepatnya pada 21.18 waktu setempat dengan kedalaman yang sama.