Kamis, 23 Maret 2017

Gempa Bumi Bali Maret 2017 5.7SR

Diposting oleh PUNTEN
Gempa bumi di Bali yang berkekuatan 5.7 skala Ritcher terjadi pada 22 maret 2017 pukul 06.10 Wita. Gempa bumi bali ini memiliki pusat gempa di laut pada jarak 3 km di sebelah selatan Kuta.

Pada awalnya gepa di bali tersebut diinformasikan berkekuatan 6.34 SR tetapi kemudian dinyatakan kembali bahaw kekuatan gempa di Bali memiliki kekuatan 5.7 SR. Informasi tersebut disampaikan setelah dilakukan analisa kembali terhadap data gempa yang terjadi.


"Tadi pagi terjadi gempa, analisis pertama memang BMKG mengeluarkan informasi 6,4 SR tapi seiring data yang masuk kita analisis lagi gempa tadi itu kekuatannya 5,7 SR," kata Hendra Suarta Kabid Observasi BMKG saat diwawancarai Tribun Bali di Kantornya, Rabu (22/3/2017).

Pusat gempa bumi yag terjadi di pulau Bali itu di wilayah laut 3 Km Selatan Kuta.

Meskipun gempa bumi tersebut berpusat di laut tetapi kekuatannya tidak cukup besar untuk menimbulkan terjadinya Tsunami.

Gempa bumi di Bali tersebut dirasakan masyarakat seluruh Bali dan juga dirasakan di beberapa daerah di dekat Bali seperti Banyuwangi sampai Sumbawa.

"Saat ini BPBD masih melakukan pemantauan di lapangan," kata dia.(source : http://bali.tribunnews.com/2017/03/22/pusat-gempa-pagi-tadi-di-bali-ada-di-perairan-kuta-bukan-64-sr-tapi-ini-kekuatannya)

Gempa Bali berkekuatan 6,4 SR terjadi pada pukul 06.10 Wita. Getaran gempa tersebut terasa hingga Banyuwangi dan Nusa Tenggara Barat.kemudian Banyuwangi, Taliwang, Karangkates, Sawahan, dan Bima dengan skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI). Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan oleh hampir semua orang di Provinsi Bali.


"Di Kota Denpasar masyarakat merasakan guncangan kuat selama 5 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah dan ruangan. Kaca jendela bergetar, mobil bergoyang dan sebagian anak-anak menangis. Gempa dirasakan dua kali dengan guncangan kedua lebih keras," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Rabu (22/3/2017).

Posko BNPB telah mengonfirmasi dampak gempa ke BPBD Bali. Dampak gempa Bali yang digambarkan peta tingkat guncangan (shake map) menunjukkan wilayah selatan Bali seperti Kuta, Tabanan, Mataram mengalami guncangan dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau III-IV MMI.


Di informasikan juga bahwa masyarakat di Kabupaten Badung, Tabanan, Klungkung, Gianyar, Karangasem, Singaraja, Bangli dan Buleleng merasakan guncangan gempa Bali. Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa bumi.

"BPBD masih melakukan pemantauan dampak gempa," ujar dia.

Gempa yang terjadi di Bali merupakan pertemuan lempeng Hindia Australia dan Lempeng Eurasia. gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi menengah di Zona Benioff, yaitu lajur lempeng tektonik yang sudah mulai menukik. BMKG melaporkan gempa susulan 3,9 SR juga terjadi. (source : http://news.liputan6.com/read/2894862/gempa-bali-terasa-5-detik-kaca-bergetar-dan-anak-anak-menangis)